8/23/2016

Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 8, 8.1 dan 10 Menggunakan CMD

Banyak yang bertanya bagaimana caranya mengetahui password wifi dengan PC (komputer), laptop dan notebook dengan menggunakan OS Windows 8, 8.1 dan 10. Karna Operating system terbaru dari Microsoft cukup berbeda dari kakak OS sebelumnya yaitu windows 7 dan Xp. Untuk mengetahui password WiFi ini anda tidak perlu menggunakan software tambahan, cukup menggunakan Command Prompt yang sudah ada di komputer masing-masing. Selain itu, anda juga tidak perlu terkoneksi dengan internet. Anda hanya perlu melihat history akan penggunaan Jaringan WiFi yang telah digunakan sebelumnya di komputer/laptop tersebut.

Salah satu alasan untuk mengintip password WiFi ini adalah guna memuaskan rasa penasaran akan kata kunci dari jaringan internet tersebut, mungkin laptop anda hanya dikoneksikan oleh teman anda tanpa memberitahukan kata kunci kepada anda. Agar jika ingin berinternet lagi dikemudian hari tidak perlu repot-repot memanggilnya untuk menghubungakan koneksi ke jaringan WiFi yang di rahasiakan password dari anda.




Pada tips kali ini yang saya gunakan adalah Windows 10. Bagi pengguna windows 8, 8.1 tidak perlu khawatir, karna cara penerapannya juga sama.

1. Buka CMD dengan cara pada keyword tekan logo Windows + R secara bersamaan. Atau dengan menuju ke sudut kiri bawah desktop, temukan logo Windows > Klik kanan > Command Prompt (Admin).


2. Kemudian Ketikkan Perintah berikut pada CMD kemudian tekan enter.

netsh wlan show profiles

3. Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Beberapa jaringan WiFi (SSID) yang pernah terkoneksi dengan komputer, Laptop atau notebook anda.


4. Nah, saatnya untuk mengetahui password WiFi nya. Ketikkan lagi perintah berikut ini pada CMD.

netsh wlan show profile name="nama SSID WiFi" key=clear

Contoh nama SSID WiFi yang ingin saya lihat adalah RAWA UTAMA KUPI, Maka perintahnya akan menjadi seperti ini.

netsh wlan show profile name="RAWA UTAMA KUPI" key=clear

5. Maka akan muncul beberapa informasi tentang jaringan WiFi (SSID) tersebut. Silahkan cari Key Content, karna disamping kanannya itulah password WiFi dari SSID tersebut.


Bagaimana? Cukup Mudah bukan? Begitulah Cara Mengetahui Password WiFi di Windows 8, 8.1 dan 10 Menggunakan CMD. Semoga Bermanfaat.

0 komentar: